Selamat datang di blog sederhana ini

Selasa, 02 Agustus 2011

Toekanglas bersajak...???

Hehehe...

Mungkin itu yang akan ada di benak Anda. Seperti juga pertanyaan serupa pernah ditanyakan oleh teman-teman saya, seolah-olah tidak percaya.

Ya...rasanya aneh saja, orang yang selama ini bergelut dengan barang yang keras, kaku, panas, bergelimang dengan peluh, menyimbulkan kekuatan, kerja keras, tak kenal lelah, tapi...bisa bersajak...? Gak percaya, kan...?
Yach silakan Anda cek sendiri saja...seperti apa sajak-sajaknya di link berikut ini :









Sabtu, 30 Juli 2011

12 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pengelasan

 
Ada beberapa teman baik secara offline maupun online yang bertanya ke saya, bagaimana cara mengelas yang baik, terutama bila untuk pemula. Berikut ini ada 12 hal yang harus kita perhatikan dalam melakukan pengelasan :

  1. Kawat las harus sesuai peruntukkannya dengan logam yang akan di las. Untuk pemula sebaiknya belajar mengelas bahan dari besi biasa (misalnya besi beton, besi siku, besi plat dlsb).

Selasa, 07 Juni 2011

Pengelasan Baja Tahan Karat dengan Baja Karbon

Kawan toekanglas, berikut ini artikel penelitian tentang penggunaan material transisi pada pengelasan baja tahan karat dengan baja karbon

KARAKTERISASI FISIK, MEKANIK DAN KOROSI PENGGUNAAN MATERIAL TRANSISI PADA PENGELASAN LOGAM TAK SEJENIS ANTARA BAJA TAHAN KARAT DAN BAJAKARBON

Kata kunci: material transisi, sambungan las logam tak sejenis
Triyono, M. Noer ilman, Jamasri, Wai Wahdan
LPPM UNS, Penelitian, KRT, Program Insentif Riset Dasar, 2009
Kereta api adalah angkutan massal yang saat ini sedang mendapat perhatian dari pemerintah dan masyarakat. Untuk memenuhi anggaran pengadaan armada kereta api, dilakukan beberapa penghematan antara lain adalah dengan substitusi material yang lebih murah, sebagai contoh frame gerbong kereta api yang biasanya terbuat dari baja tahan karat, diganti dengan baja karbon sedangkan sheeting tetap menggunakan baja tahan karat

Kamis, 30 September 2010

Welding Competition 2010

Buat sobat-sobat toekang las, ini ada info menarik.

Kementerian Perindustrian akan mengadakan lomba mengelas tingkat nasional untuk tahun 2010 ini. Finalnya akan dilakukan di Surabaya tanggal 27 - 28 Oktober 2010 nanti ( bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ) dan akan dihadiri oleh Menteri Perindustrian RI.

Minggu, 11 Juli 2010

10 Kesalahan Utama Dalam Pengelasan

Temans toekanglas...

Ketika saya browsing ke sana-ke sini di rimba raya internet, saya mendapatkan satu artikel menarik dari www.articlesfactory.com mengenai 10 kesalahan utama dalam pengelasan.

Tukang Las Mendidik Napi di Bengkelnya, Muridnya Mulai Maling Hingga Pembunuh

Tak harus ikut perang untuk menjadi pahlawan. Dengan bengkel lasnya, Suprapto sudah menjadi pahlawan bagi segelintir narapidana yang ingin kembali ke masyarakat dengan kepala tegak.

Senin, 05 Juli 2010

Berawal Dari Ngelas, Kini Kantongi Ratusan Juta Per Bulan

BOYOLALI (Berita SuaraMedia) - Berawal sebagai tukang las di sebuah bengkel, Adnan sukses menjadi pebisnis perlengkapan pabrik. Berbagai perusahaan besar telah menjadi pelanggannya. Yang menarik, modal Adnan mengawali usaha hanya berupa mesin bubut yang ia sewa dari sebuah sekolah.

Kerja keras dan pantang menyerah menjadi kunci kesuksesan Adnan dalam membangun usaha. Berpuluh tahun bergelut di bidang pengelasan, akhirnya Adnan berhasil mendirikan sebuah perusahaan sendiri yang bergerak di bidang pabrikasi.

Di bawah bendera PT Teknik Makmur Perkasa Asri (PT TEMPA), Adnan

Jumat, 28 Mei 2010

Itung-itungan Inverter vs. Transformer

Sebenarnya saya agak males nulis hari ini. Pengen nongkrong di warung depan stasiun Madiun sambil makan nasi pecel sama ngopi. Manstaaab.... ( pake "b" nich ).

Tapi kalau artikel yang ini nggak saya tulis, nanti akan ada yang komplain, masak kelebihan mesin las inverter ( baca di sini ) cuman gitu doang ...? Kok bisa lebih hemat energi itu hitungannya bagaimana? Jangan asal ngomong aja doooong........

Nhaa ini nich kawan itung-itungannya. Tapi harus Bismillah dulu dan konsentrasi lho ya biar bisa cepet mengerti, kalo nggak ngerti juga silakan diprint, lalu kertasnya dibakar dimasukkan ke dalam

Efisiensi Energi, Ya Pakai Mesin Las Inverter

Rekan-rekan toekanglas, selamat berjumpa kembali. Mudah-mudahan Anda masih tidak bosan dengan saya, karena saya juga belum bosan menjumpai Anda. 

Kali ini saya ingin  berbagi pengetahuan mengenai mesin las inverter bila dibandingkan dengan mesin las transformer. Tulisan ini saya sadur dan terjemahkan dari salah satu web penjual mesin las, tapi jangan Anda kira bahwa saya adalah agennya lho ya...

Jumat, 14 Mei 2010

PUTRA TUKANG LAS JADI DUTA BANGSA




Ditulis Oleh Bagian Penerangan AAL   
Rabu, 04 Maret 2009

ImageBanyak orang yang beranggapan bahwa para  Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) adalah anak-anak pejabat, perwira tinggi, dan pengusaha sukses yang akan berprestasi atau setidaknya mendapat perhatian yang lebih dari lembaga pendidikan ini. Tapi ternyata semua itu salah, jabatan, kedudukan, dan kekayaan orang tua tidak menjamin anaknya akan sukses atau berhasil. Ini dibuktikan oleh Sersan Mayor Satu Kadet (Sermatukad) Marinir Puji Wahdini, yang sekarang ini mewakili AAL, TNI AL dan menjadi duta bagi Indonesia di Jepang. Dia adalah anak dari Jufri Sidik (alm) yang dulunya hanyalah seorang buruh tukang las keliling, dan ibunya bernama Yatina 
Related Posts with Thumbnails