Selamat datang di blog sederhana ini

Minggu, 11 Juli 2010

10 Kesalahan Utama Dalam Pengelasan

Temans toekanglas...

Ketika saya browsing ke sana-ke sini di rimba raya internet, saya mendapatkan satu artikel menarik dari www.articlesfactory.com mengenai 10 kesalahan utama dalam pengelasan.

Artikel ini aslinya sih dalam bahasa Inggris, tapi untuk temans sekalian saya coba sadur dan terjemahkan sak iso-isone. Tapi kalau masih belum puas dengan terjemahan saya ( maklum belum pernah ke Inggris sih...  )  bisa langsung ke websitenya saja ya...

Ini dia 10 Kesalahan Utama Dalam Pengelasan yang disimpulkan dari hasil riset dan pengalaman :
  1. Tidak membersihkan  part dan area permukaan yang akan dilas dengan baik. Seperti yang disampakan oleh welder-welder yang sudah berpengalaman, inilah kesalahan yang paling utama yang dilakukan oleh tukang las yang baru belajar. Cat, kotoran, oli, dan lain-lain dapat menjadi masalah dan menghasilkan pengelasan yang tidak bagus.   
  2. Menggunakan gas yang salah.
  3. Menggunakan polaritas yang salah.
  4. Menggunakan contact tip dengan ukuran yang salah.
  5. Kecepatan pengelasan yang tidak sesuai, terlalu cepat atau terlalu lambat.
  6. Pengelasan tidak terlindungi, misal tidak menghalangi angin ketika mengelas.
  7. Pengelasan terlalu mentah pada material yang masif.
  8. Menggunakan mesin las dengan kapasitas ampere yang terlalu kecil ketika mengelas material yang tebal.
  9. Tidak memeriksa dan membersihkan komponen wire feeder, seperti liner, contact tips dan part yang lainnya.
  10. Menggunakan kawat las yang salah, misal tidak menggunakan kawat las yang mempunyai tensile strength yang sesuai.
Mudah-mudahan membantu buat temans yang baru belajar ngelas ...




6 komentar:

  1. Betul banget Sob, itu kesalahan kesalahn mendasar dlm pengelasan dan paling sering dijumpai.
    Pemahaman ttg karateristik material dan kode kode(ASME,AWS) juga sangat penting. hal ini berhubungan dg perlakuan panas baik preheat,interpasheat maupun pwht.nya

    Sukses selalu buat Sobat

    BalasHapus
  2. setuju bro... sukses juga buat Anda

    BalasHapus
  3. mohon dikirimin jenis2 cacat lasdan cara mengatasinya...(email:syafrizal_mes03@yahoo.com)

    mkash
    zal

    BalasHapus
  4. emangnya bisa ya mas las listrik konvensional (pake trafo)buat ngelas almunium mesin ( misal bak kopling motor pecah)kalo bisa pake electrode apa dan dimana bisa mendapatkannya trus ajarin dong caranya dari a... Z ........?
    mrenduro5222@yahoo.co.id
    trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  5. Terlalu ideal tuh artikel,
    saya mah belajar ngelas, pake las listrik biasa.
    Yang ngajari tukang lasnya teman bengkel, ngelas sambung lurus2 dulu, plat 5 mm yg kebetulan lagi buat bak aspal.
    Dah gk usah pake gengsi , tuh tukang suruh mandorin dan kita yg kerja.

    BalasHapus
  6. info yg menarik, keep posting :)

    BalasHapus