Selamat datang di blog sederhana ini

Jumat, 23 April 2010

3 Tips Untuk Mengantisipasi Deformasi

Deformasi oh deformasi.

Mendengar kata-kata tersebut, saya geleng-geleng kepala sambil mengernyitkan dahi ( kayak orang lagi dengar mp3 pake headset ). Lha piye... setiap pengelasan itu pasti resikonya adalah deformasi. Deformasi yang maksudnya adalah perubahan bentuk akibat pengelasan ini menjadi salah satu hal yang menjadi momok bagi para insan pengelasan. Karena adanya input panas, sehingga logam menjadi cair mengakibatkan penyusutan dan
hasilnya terjadi deformasi yang tidak diinginkan karena menyebabkan dimensi menjadi tidak terpenuhi.

Wah lha terus gimana dong.....

Jangan kuatir, nich saya bagikan tips untuk mengantisipasinya.

  1. Gunakan jig alias alat bantu untuk memegang material yang dilas agar tidak bergerak ke mana-mana ketika dilas.
  2. Setel ampere dan voltage serta kecepatan pengelasan agar input panas tidak terlalu besar, tapi cukup untuk mencairkan material. Ketiga parameter ini saling berkaitan mengikuti rumus HI = A x V / kec. di mana HI adalah Heat Input ( besarnya panas yang diberikan ), A adalah arus ( satuannya ampere ), V adalah voltage ( satuannya volt ) dan kec adalah kecepatan pengelasan. Semakin kecil A dan V maka HI akan menjadi kecil, semakin besar kecepatan pengelasan maka HI akan menjadi kecil. Aturlah ketiganya agar tidak terlalu besar Heat Input yang diberikan.
  3. Buatlah sequence alias urutan pengelasan yang tidak mengumpul di satu tempat, karena untuk memperkecil panas terpusat pada satu tempat yang bisa mengakibatkan deformasi.
Kira-kira begitu tips dari saya untuk mengantisipasi terjadinya deformasi. Apabila deformasi sudah terjadi, maka untuk mengatasinya mau tidak mau ya pakai flame heating atau reforming, yaitu menggunakan blander pemanas untuk memanaskan pada bagian tertentu sehingga material kembali seperti semula posisinya.

CMIIW... Barang kali Anda punya tips yang lain? Silakan menambahi dan berkomentar....

Ciaoo...


http://toekanglas.blogspot.com

3 komentar:

  1. Mantap mas infonya, minta izin copas..

    BalasHapus
  2. Mantap Gan..!!
    Buat kamu yang seneng en hobby nyanyi, mampir sini yuk...
    Lagu Karaoke Musik, kali ada yang suka he he he Piss
    Klik sini ya ...Lagu Karaoke Musik
    Kunjungi Juga Ya...
    Produk Anak Negeri

    BalasHapus
  3. Lebih momok klo stainlees melintir

    BalasHapus