Selamat datang di blog sederhana ini

Minggu, 25 April 2010

Ngelas Aluminium Susah?

Halo sobat toekang las....

Mungkin sobat sekalian jarang mendengar atau melihat proses pengelasan aluminium. Kalaupun ada pasti gak banyak, masih banyak dengan proses rivetting atau pengelingan seperti pada pembuatan pesawat terbang. Hal ini bukan berarti karena aluminium tidak bisa dilas, tetapi aluminium mempunyai sifat yang kurang baik bila dibandingkan dengan baja. Sifat-sifat yang kurang baik
atau merugikan tersebut adalah:
  1. Karena panas jenis dan daya hantar panasnya tinggi maka sukar sekali untuk memanaskan dan mencairkan sebagian kecil saja.
  2. Paduan aluminium mudah teroksidasi dan membentuk oksida aluminium Al2O3 yang mempunyai titik cair yang tinggi.
  3. Karena mempunyai koefisien muai yang besar, maka mudah sekali terjadi deformasi sehingga paduan-paduan yang mempunyai sifat getas yang panas akan cenderung membentuk retak panas.
  4. Karena perbedaan yang tinggi antara kelarutan hidrogen dalam logam cair dan logam padat, maka dalam proses pembekuan yang terlalu cepat akan terbentuk rongga halus bekas kantong-kantong hidrogen.
  5. Paduan aluminium mempunyai berat jenis rendah, karena itu banyak zat-zat lain yang terbentuk selama pengelasan akan tenggelam.
  6. Karena titik cair dan viskositasnya rendah, maka daerah yang kena pemanasan mudah mencair dan jatuh menetes.
Karena itu proses pengelasan aluminium lebih sulit dari pengelasan besi / baja, tapi bukan berarti tidak bisa. Dengan proses las yang tepat, kawat las yang tepat dan prosedur pengelasan yang tepat, aluminium bisa dilas.

Bagaimana pendapat sobat...? Silakan komentar, dan selamat berakhir pekan....















36 komentar:

  1. aJARI DONG CARA LAS LISTRIK ALMUNIUM

    BalasHapus
  2. saya tertarik belajar pengelasan alumunium,alat yg tepat untuk pemula,selain MIG ap mas,.

    BalasHapus
  3. biasanya mengelas aluminum menggunakan proses TIG dgn arus AC. sengaja menggunakan AC agar lapisan oksidanya dapat hancur.

    BalasHapus
  4. Saya mau ada barang aluminium mau dilas, mohon di info kan donga kalo ada bengkel las yang bisa mengerjakannya. Saya maunya pake las TIG. (Wahyu 085217379095) thanks

    BalasHapus
  5. Sangat mudah dalam pengelasan Almunioum dengan peralatan yang sederhana dengan kualitas yang memadai.

    BalasHapus
  6. bos aku ada inverter AC bisa ngga utk las almunium trus pake elektroda apa?

    BalasHapus
  7. untuk mengelas alumunium bisa mengunakan las tig AC dgn gas pelindung AR(argon)..bisa konsultsi dgn /kursus.juga menerima pngelasan stenlisstell dan alumunium dgn las tig 085743362111

    BalasHapus
  8. kalau untuk pengelasan alumunium yg tipis ada gak alat nya, mohon informasinya, tks

    BalasHapus
  9. Las allumunium tebal ataupun tipis sama saja.tergantung penyetelan ampere d mesin las.dgn mesin las tig ac dc dan gas argon hasil las bs dsesuaikan..alumunium akan mencair pada suhu yg tinggi shingga dperlukan amper yg besar..085743362111

    BalasHapus
  10. paliing gampang kalo las alumunium pake las karbit bos,, tapi mesti waspada panas. tebal tipis bukan persoalan, yang jadi masalah bisa rekat ap gak? nah spy las alumunium bs rekat bagus, pake boraks sebgai perekat. slamat mcoba boss

    BalasHapus
  11. infonya keren nih.. butuh keterampilan ya.. :D

    BalasHapus
  12. saya bisa las alumunium dengan cara manual alias pake karbit atau elpiji.dan saya punya mesin las mig merek panasonic,apa mesin ini bisa di pake las alumunium??

    BalasHapus
  13. Kalau ada job ngelas aluminium sama ane aja,,ane ada mesin nya gan,tapi kerja nya sabtu sama minggu aja,tapi kalau orderan banyak bisa di atur lah..
    Telpon aja ke nomer dibawah ini dangan rafli:
    081227714440

    BalasHapus
  14. cara yg mudah tur gampang...

    linkhttp://www.kaskus.co.id/thread/52e3dd3e59cb17794c8b46a6/kawat-las-almunium-pakan-solder-almunium

    link videonya :p

    http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=a3mp4x232Mk

    BalasHapus
  15. Menerima pengelasan argon stainless dan aluminium semua pekerjaan,khusus daerah solo.
    Hub 081210789995

    BalasHapus
  16. bang saya lagi magang ke negerisakura jepang, setiap hari ngelas pengelasan alumunium, ternyata mudah juga kalo kita betul betul mendalaminya, sepulang saya ke indo saya pengen mengembangkan keterampilan saya,
    dan untuk dapetin mesin las alumunium maupun besi, yang bagus bagaimana yahh mohon bantuannya? trimakasih
    hilmandesune99@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho...kok abang malah nanya..?
      justru ilmu dan alat di jepang lbh mantap...hehehe

      Hapus
    2. lho...kok abang malah nanya..?
      justru ilmu dan alat di jepang lbh mantap...hehehe

      Hapus
  17. Las alumunium harus pke mesin dgn ampere besar paling ga 200A.
    karena untuk mencairka oksida dlm alumunium hrus dgn panas yg tggi..085743362111

    BalasHapus
  18. CV. ANUGRAH TEKNIK adalah Distributor kawat las listrik SMAW / arc welding electrodes merk LION dan OERLIKON. Kawat las STANDART EUROPE ( AWS, JIZ dan DIN ) - BERKUALITAS DI KELASNYA - HARGA BERSAING/KOMPETITIVE dan BERSERTIFICATE.

    Hingga saat ini kami telah mendistribusikan kawat las kami mulai dari type UMUM hingga type MAINTENANCE kepada Industri besar di seluruh indonesia. Type dari produk kawat las kami antara lain sebagai berikut :

    - Mild steel type ( RB )

    • AWS SFA 5.1: E 6010
    • AWS SFA 5.1: E 6013
    • AWS SFA 5.1: E 6019

    - High Tensile Steel type ( LB )

    • AWS SFA 5.1: E 7010
    • AWS SFA 5.1: E 7016
    • AWS SFA 5.1: E 7018
    • AWS SFA 5.1: E 7024

    - STAINLESS STEEL type

    • AWS SFA 5.4: E 307-15
    • AWS SFA 5.4: E 308-16
    • AWS SFA 5.4: E 308L-16
    • AWS SFA 5.4: E 309-16
    • AWS SFA 5.4: E 309Mo-16
    • AWS SFA 5.4: E 310-15
    • AWS SFA 5.4: E 312-16
    • AWS SFA 5.4: E 316-16
    • AWS SFA 5.4: E 316L-16
    • AWS SFA 5.4: E 317-16
    • AWS SFA 5.4: E 347-16

    - Cast Iron type ( Ancuran / Besi cor)

    • AWS SFA 5.15: E Ni-C1
    • AWS SFA 5.15: E Ni Fe-C1
    • AWS SFA 5.15: E Ni Cu-B
    • AWS SFA 5.15: E St

    - Hardfacing type

    • HF-250
    • HF-350
    • HF-600
    • HF-1000

    - Bronze Alloys Type (Tembaga, Timah, Kuningan)

    • AWS SFA 5.6: E Cu Sn C

    - Special Purpose type

    • Cutting Electrodes
    • Chamfering Electrodes
    • Gouging Electrodes
    • Beveling Electrodes
    • Channeling Ferrous
    • Channeling Non Ferrous

    Note:

    Info harga dan konsultasi hubungi kami :

    CV. ANUGRAH TEKNIK
    Welding Electrodes Distributor

    √ OFFICE : JL SRIKANDI 2 BLOK B NO 164, SIDOARJO
    √ BRANCH OFFICE : MUTIARA CITRA APSARI BLOK AC NO 21, SIDOARJO
    √ TELP : 031.31002081 FAX : 031.31002081
    √ EMAIL : info.anugrahteknik@gmail.com
    √ Phone : 082233009088 / 082139459329
    √ Pin BBM : 7DD86DF5
    √ Website : http://indonetwork.co.id/anugrahteknik_cv atau http://anugrahteknik-cv.blogspot.com

    BalasHapus
  19. Saya lagi membutuhkan tenaga welder yg biasa menggunakan mesin travo las ac/dc. Jika ada yg bisa rokomndasi bisa kabari saya di 085260049068. Tq

    BalasHapus
  20. dulu katanya mang gak bisa, eh ternyata tukangnya yng gak bisa

    BalasHapus
  21. Saya pengen bisa las argon dan listrik
    ajarin dong

    BalasHapus
  22. Kami menyediakan jasa mekanik mobil panggilan untuk wilayah surabaya dan sekitarnya
    www.alfathmulia.com

    BalasHapus
  23. Kami menyediakan jasa mekanik mobil panggilan untuk wilayah surabaya dan sekitarnya
    www.alfathmulia.com

    BalasHapus
  24. butuh welder MIG/CO2 area surabaya 085648147702

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada welder aluminium area semarang om? thank's

      Hapus
  25. kawat las almunium pakan solder almunium http://kask.us/htT84 #ForumKaskus via @KASKUS

    BalasHapus
  26. kawat las almunium pakan solder almunium http://kask.us/htT84 #ForumKaskus via @KASKUS
    Call 08123237371

    BalasHapus
  27. Las argon alumunium,kuningan,tembaga area solo.(kawasan industri)sugih waras rt 2 rw 7 wonorejo gondang rejo karanganyar.arah pabrik hilon.081567880181/087836102835

    BalasHapus
  28. perusahaan kami membutuhkan trainer berpengalaman untuk proses aluminium hub 085715160230 yusuf RnD

    BalasHapus
  29. kami sedang mencari trainer berpengalaman proses pengelasan aluminium bagi yang berminat,
    dapat menghubungi phone 02140802775 Hp 085715160230

    BalasHapus

  30. Halo Teman, lama saya cari-cari akhirnya ketemu di blog ini.
    Konten yg sangat menarik, Jadi senang berkunjung di sini, Makasih ya sob.
    Salam best Friend :
    Jual Plat Stainless,
    jual Plat Aluminium,
    Lisati Indonesia,
    Lia Property Indonesia

    BalasHapus
  31. Pada dasar semua pengelasan yg selaen besi baja itu teknik awalnya dari las karbit ,, klo kita sudah bisa kuasai ,semua logam bisa di las sejenis aluminium , tembaga , kuningan , babet dll

    BalasHapus