Selamat datang di blog sederhana ini

Jumat, 28 Mei 2010

Efisiensi Energi, Ya Pakai Mesin Las Inverter

Rekan-rekan toekanglas, selamat berjumpa kembali. Mudah-mudahan Anda masih tidak bosan dengan saya, karena saya juga belum bosan menjumpai Anda. 

Kali ini saya ingin  berbagi pengetahuan mengenai mesin las inverter bila dibandingkan dengan mesin las transformer. Tulisan ini saya sadur dan terjemahkan dari salah satu web penjual mesin las, tapi jangan Anda kira bahwa saya adalah agennya lho ya...
Saya hanya ingin berbagi pengetahuannya saja. Masalah Anda mau beli merek mesin las tersebut atau tidak, itu pilihan Anda sendiri dan saya tidak bertanggungjawab. Tapi kalau Anda merasa puas dan memberi komisi ke saya, ya dengan berat hati......... saya nggak nolak he he he...just kidding...

Keuntungan memakai mesin las jenis inverter bila dibandingkan dengan mesin las transformer-rectifier cukup banyak. Mesin las inverter lebih portable dan beratnya cukup ringan, membuatnya mudah untuk bermanuver  di tempat kerja yang tidak luas. Mesin las inverter menawarkan hasil las yang berkualitas tinggi, dapat digunakan untuk beberapa proses las misal MIG, FCAW, bahkan ada yang bisa juga untuk SMAW, TIG, dan juga  gouging.

Tapi tahukah Anda bahwa menggunakan mesin inverter ini dapat menghemat uang Anda untuk penggunaan energi bila dibandingkan dengan mesin las transformer? Setiap tahun energi listrik sekitar $15 juta dikonsumsi di Amerika Serikat, dan $99 juta di seluruh dunia hanya untuk pengelasan saja. Untuk meningkatkan efisiensi dan memotong biaya yang digunakan untuk lisrik, mesin las inverter adalah tawaran yang menarik. Faktanya karena efisiensinya, mesin las inverter ini dapat menghemat pengeluaran untuk utility cost.

Tapi bagaimana mengubah ke mesin las jenis inverter ini dapat menghemat konsumsi energi listrik? Di dalam mesin las inverter, komponen-komponennya seperti inti trafo, electronic switching dll didesain dengan sangat hati-hati untuk meminimalkan operating loses. Berikut ini sebab-sebab lain yang menjadi alasan bahwa mesin inverter dapat menghemat biaya energi :
  • Menggunakan inti ferit dalam trafonya sehingga menghasilkan efisiensi yang tinggi. Hal ini dapat mengurangi kehilangan arus listrik yang mengalir.
  • Coil transformer pada mesin inverter lebih kecil dibanding transformer jenis lain.

  • Komponen power electronic pada mesin inverter telah didesain untuk mengurangi loses dan memperpanjang operating life.



  • Banyak mesin inverter menggunakan copper conductor ( konduktor tembaga ). Konduktor tembaga ini mempunyai konduktivitas termal dan konduktivitas listrik yang sangat baik dibandingkan aluminium sehingga meminimalkan loses dan meningkatkan efisiensi.

  • Pengoperasian pada frekwensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin las konvensional, inverter lebih sedikit output inductance untuk beroperasi secara smooth. 
  • Desain yang compact dan ukuran yang relatif kecil berarti membutuhkan leads dan cable yang lebih pendek ( atau bahkan direct connection ) antara komponen-komponen power. Jalur arus yang lebih pendek berarti resistensi rendah dan efisiensi tinggi.
  • Karena inverter didesain untuk losses yang rendah, maka kipas pendingin juga kecil. Ini berarti power untuk cooling air juga lebih kecil dibandingkan mesin las jenis transformer.

  • Ukuran komponen-komponen di dalam mesin las inverter didesain kecil, sehingga panas yang terjadi didalam mesin juga lebih kecil.
 Naahh....teman-teman, bagaimana menurut Anda...???

Disadur dan diterjemahkan dari : www.lincolnelectric.com.au

http://toekanglas.blogspot.com

13 komentar:

  1. woke bos, tengkyu infonyia ......

    BalasHapus
  2. bos aku mau nanya utk las aluminium memang hrs pakai las argonkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. zeta.. Aluminium bs d las pake AC/DC Welding machine inverter dngan gas argon. Set trafo las d posisi AC,test HF nya,kmudian dekatkan ujung tungtzhen ke benda kerja. Atur pemakaian gas argon nya untk hasil lbh sempurna .

      Hapus
  3. kami menyediakan komponen pengganti untk kerusakan trafo las inverter anda. apapun merk dan typenya. sy yakin anda bs memperbaikinya sndiri.konsultasikan problem travo las inverter anda. Hub : 081568335609

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos mohon infony dong? aku punya mesin las merk lakoni rusak protek, kira kira rusak apany bos? THANKS

      Hapus
  4. Bos, mohon pencerahaannya dong?
    aku pakai generator dengan power 5000 watt, kemudian aku rangkai dengan inverter 1800 wat dengan max ampere 200A.
    saat aku pakai mengelas dengan Diameter kawat 1 s/d 3.2mm ga ada masalah, tapi saat 4 mm, generatorku langsung mati (krn overload). kira2 kenapa ya?
    idealnya harus pakai generator dg poser brp?
    kalkulasi beban gengerator vs inverter las, gimana ya?
    thanks

    BalasHapus
  5. Bos mau nanya nih.

    1. sering kali ketika mengelas plat ss 400 dengan tebal 2.5 mm sering kali terjadi deformasi.

    2. plate ss 400 tebal 8 mm ukurn 1000 x 600 kita buat lubang persegi ukuran 300 x 100 dan di atas lubang kita kasih plat steenless steel dan kita las. hasilnya sering kali terjadi deformasi. ya apa ya solusinya

    3. jenis plat 1.2 mm yg dipakai untuk pengelasan supaya tidak deformasi pakai jenis plat apa ya?

    mohon solusinya

    Salam

    Anto

    BalasHapus
  6. penasaran aku......................................

    BalasHapus
  7. bos aku mau tanya untuk pengelasan tembaga dgn kuningan apa bisa senyawa terus aku pakai mesin las apa.......aku punya inventer ac ad.

    BalasHapus
  8. Numpang Iklan, untuk servis Las Inverter, dan Las Pabrik Pipa Baja, lihat lasindon.blogspot.com

    BalasHapus
  9. malam bangh admin. saya mau bertanya. mesin l;a las portable agar biusa dipakai di rumah dengan daya listrik 900. gimana trick nya agar mcb tidak jeglek, trimss

    BalasHapus
  10. Nice info :)
    Please visit our website www.thermindo.com to find out more details about welding & cutting solution.

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails